Berita 2010

April 2010

2014, Ekspor Kelapa Indonesia Tumbuh 20%

Sumber:  http://www.kontan.co.id/ 9 April 2010

JAKARTA. Kementerian Perindustrian (Kemenprin) menghitung, ekspor kelapa dari Indonesia diharapkan tumbuh 20% hingga tahun 2014. Artinya, setidaknya dalam satu tahun ekspor kelapa diharapkan tumbuh sekitar 5%.

Wakil Menteri Perindustrian Alex Retraubun menyatakan, dalam jangka menengah Indonesia juga harus meningkatkan diversifikasi produk dan mengoptimalisasi kapasitas industri pengolahan kelapa. Beberapa produk turunan kelapa antara lain virgin coconut oil, minyak satur, susu, nata de coco, isotonik, dan sebagainya.

Asal tahu saja, saat ini industri pengolahan kelapa di Indonesia belum masimal. bahkan, nilai ekspor Indonesia untuk kelapa dan produk olahannya masih lebih rendah ketimbang Filipina. Padahal, Indonesia dan Philipina adalah penyuplai 80% kebutuhan kelapa di dunia.

Berdasarkan data Asia Pacific Coconut Community ekspor kelapa Indonesia tahun 2008 sebesar US$ 944,185 juta dengan luas lahan sebanyak 191,944 juta hektar. Nilai ini lebih rendah ketimbang ekspor kepala Filipina yang sebesar US$ 1,493 miliar dengan luas lahan produksi sebesar 29,817 juta hektar.  Herlina KD

Banyak Investor Minati Industri Kelapa

Sumber: http://www.kontan.co.id/ 9 April 2010

JAKARTA. Market Development Officer Asian and Pacific Coconut Community, Amrizal Idroes mengatakan sebenarnya, banyak investor yang berminat untuk masuk ke industri kelapa. Sayangnya, sampai saat ini di Indonesia belum ada lembaga yang bisa mewadahi investor untuk masuk.

“Banyak investor yang ingin masuk tapi mereka tidak tahu harus datang kemana. Itu yang membuat mereka enggan,” ungkapnya. Karenanya, ia mengharap pemerintah memiliki satu kebijakan yang terpadu untuk menaungi ini.

Berdasarkan data Asia Pacific Coconut Community ekspor kelapa Indonesia tahun 2008 sebesar US$ 944,185 juta dengan luas lahan sebanyak 191,944 juta hektar. Nilai ini lebih rendah ketimbang ekspor kepala Filipina yang sebesar US$ 1,493 miliar dengan luas lahan produksi sebesar 29,817 juta hektar.

Ketua Forum Kelapa Indonesia Poppy Dharsono mengatakan jika dikembangkan dengan baik, potensi industri pengolahan kelapa di Indonesia memiliki prospek yang bagus. Dengan adanya AC FTA bahkan membuka peluang baru bagi industri kelapa untuk berkembang. Herlina KD

AC-FTA Buka Peluang untuk Industri Kelapa Indonesia

Sumber: http://www.kontan.co.id/ 8 April 2010

JAKARTA. Meski Indonesia adalah salah satu negara penghasil kelapa terbesar di dunia, tapi ternyata produktifitas olahan kelapa masih sangat minim. Karenanya, untuk meningkatkan produktifitas industri kelapa harus ditingkatkan melalui reindustrialisasi pengolahan kelapa.

Saat ini industri pengolahan kelapa di Indonesia belum masimal. Bahkan, nilai ekspor Indonesia untuk kelapa dan produk olahannya masih lebih rendah ketimbang Filipina. Padahal, Indonesia dan Philipina adalah penyuplai 80% kebutuhan kelapa di dunia.

Berdasarkan data Asia Pacific Coconut Community ekspor kelapa Indonesia tahun 2008 sebesar US$ 944,185 juta dengan luas lahan sebanyak 191,944 juta hektar. Nilai ini lebih rendah ketimbang ekspor kepala Filipina yang sebesar US$ 1,493 miliar dengan luas lahan produksi sebesar 29,817 juta hektar.

Ketua Forum Kelapa Indonesia Poppy Dharsono mengatakan jika dikembangkan dengan baik, potensi industri pengolahan kelapa di Indonesia memiliki prospek yang bagus. Dengan adanya AC FTA bahkan membuka peluang baru bagi industri kelapa untuk berkembang. Pasalnya, sekitar 92% orang di China tidak mengkonsumsi susu hewani. Sementara itu air kelapa menjadi salah satu alternatif pengganti kalsium pengganti susu. “China membutuhkan air kelapa sebagai pengganti susu,” ungkapnya.
Herlina KD

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s